Brilio.net - Blender sering dipakai untuk menghaluskan berbagai jenis bumbu masakan. Caranya juga terbilang mudah, tinggal masukkan berbagai bumbu masakan ke dalam gelas blender. Lalu colokan kabel blender ke daya listrik, kemudian tekan tombol "on". Dengan begitu, bumbu masakan akan tercacah halus sempurna.

Mata pisau yang bentuknya seperti baling-baling berperan penting dalam proses ini. Saat tombol "on" ditekan, baling-baling mata pisau blender otomatis berputar cepat. Proses inilah yang akan menghaluskan bumbu masakan di dalam gelas blender.

Namun seiring pemakaian yang cukup lama, pisau blender pun bisa tumpul, lho. Kondisi ini menyebabkan blender tidak bisa menghaluskan bumbu masakan secara maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian orang biasanya mengasah pisau blender dengan berbagai cara.

Cara pertama, masukkan cangkang telur ke dalam gelas blender lalu nyalakan blender seperti biasa. Setelah diblender beberapa saat, pisau di dalamnya akan tajam kembali. Kalau cara tersebut dianggap kurang mempan, kamu bisa menggantinya dengan garam. Dengan cara yang sama, bumbu dapur satu ini juga ampuh untuk mengasah pisau blender.

Tapi nggak melulu pakai dua bahan tersebut, ternyata ada cara lain yang bisa dipraktikkan untuk mengasah pisau blender di rumah. Caranya sempat ditunjukkan oleh pengguna TikTok @diy.lifehacks.id. Di unggahan videonya, tampak warganet ini mengganti cangkang telur maupun garam dengan satu alat dapur.

Dilansir BrilioFood dari TikTok @diy.lifehacks.id pada Jumat (10/5), satu alat dapur yang dipakai adalah aluminium foil. Nggak melulu harus baru, warganet ini bahkan mengandalkan aluminium foil bekas kemasan snack, lho.

foto: TikTok/@diy.lifehacks.id

Mula-mula, potong-potong aluminium foil dengan gunting. Kalau sudah, masukkan potongan aluminium foil ke dalam gelas blender, sampai memenuhi setengah bagian isinya lalu tutup rapat-rapat.

foto: TikTok/@diy.lifehacks.id