Brilio.net - Sepatu yang sering digunakan biasanya bagian solnya akan menguning. Apalagi kalau bagian solnya berwarna putih, noda kuning akan semakin terlihat jelas. Bukan tanpa alasan, bagian sol ini terletak di bagian bawah sehingga mudah terkena pasir, debu, dan lainnya.

Kalau sudah begini, sejumlah orang langsung membawa sepatu ke tempat laundry. Di sisi lain, ada juga yang membersihkan sepatunya sendiri di rumah. Sepatu sengaja digosok pakai larutan baking soda. Setelah digosok beberapa saat, noda kuning pun tampak memudar dengan sendirinya.

Tapi kalau stok baking soda sedang menipis atau habis di rumah, nggak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengganti baking soda dengan bahan dapur lainnya. Seperti yang ditunjukkan oleh pengguna YouTube Menyan cikuya. Di unggahan videonya, warganet ini tampak mengganti baking soda dengan satu bahan dapur lainnya.

Bersihkan noda kuning di sepatu modal bahan dapur.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Menyan cikuya pada Kamis (13/6), satu bahan dapur yang dipakai adalah cuka. Caranya, tuang beberapa 2 sdm cuka ke dalam wadah yang sudah diisi air biasa. Aduk-aduk sampai kedua bahan ini tercampur sempurna. Kalau sudah, taruh sepatu ke dalam wadah tersebut.

“Jadi ini nggak kena kainnya, seperti ini aja kita tunggu selama 10 menit,” ujarnya.

foto: YouTube/Menyan cikuya

Setelah direndam selama 10 menit, ambil lalu gosok bagian sol sepatu pakai sikat. Tanpa keluarkan tenaga esktra, noda kekuningan di sol sepatu langsung tampak memudar.

foto: YouTube/Menyan cikuya

Bukan tanpa alasan, dilansir dari homemadesimple.com, kandungan asam dari cuka memang ampuh mengangkat segala jenis noda membandel. Oleh karena itu, gosok bagian sol sepatu secara merata dan menyeluruh, ya. Lakukan proses yang sama pada sepatu satunya.

foto: YouTube/Menyan cikuya

Untuk menggosok bagian bawah sepatu, warganet ini tampak mengandalkan sikat gigi bekas. Tujuannya, agar bisa menjangkau bagian-bagian yang sulit di bawah sepatu.

Kalau dirasa sudah bersih maksimal, langsung bilas sepatu dengan air mengalir. Hasilnya, penampakan sepatu langsung tampak seperti baru lagi. Bagian sol dan bawahnya kembali putih, bersih, dan kinclong.

foto: YouTube/Menyan cikuya

foto: YouTube/Menyan cikuya