Brilio.net - Dispenser air adalah perangkat yang sering kali mengalami masalah kebocoran. Biasanya kebocoran ini terjadi ketika air dari galon merembes dari bagian atas dan tidak tersalurkan secara sempurna ke dalam mesin dispenser. Kebocoran ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan menyebabkan kerusakan pada area sekitarnya jika tidak segera ditangani.

Memahami penyebab utama dan cara mengatasinya bisa membantu menjaga dispenser tetap berfungsi dengan baik. Seorang pengguna YouTube addiengr1 pernah menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab masalah dispenser bocor yang sedang dialami. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku ada beberapa penyebab yang dapat membuat dispenser jadi bocor.

Salah satu penyebab umum kebocoran dari bagian atas dispenser adalah bagian tengah tutupnya patah. Jika bagian tengahnya tidak tepat di tengah atau menyamping, maka patahannya akan menyebabkan kebocoran. Jadi, air akan keluar dari patahan tersebut.

"Ini disebabkan karena dispensernya tinggi atau galonnya terlalu berat. Pemasangannya terpaksa miring-miring, jadi ini (bagian tengah tutupnya) patah jadi menyebabkan kebocoran," terang pengguna kanal YouTube addiengr1, dikutip BrilioFood, Rabu (9/10).

foto: YouTube/addiengr1

Penyebab lainnya adalah karena tutup galon dibolongi dengan pisau. Nah, ujung tutup galon yang runcing bisa membuat dispenser patah pada tahap pemasangan. Ada juga yang mengakalinya dengan lebih dari banyak potongan supaya tidak patah bagian atas dispensernya.

"Ada juga karena cetakan tutup galon tidak sempurna. Di bagian cetakan ini suka terdapat cetakan berlebih, sehingga air tidak tertutup dengan sempurna di tutupnya," jelasnya lebih lanjut.

foto: YouTube/addiengr1

Hal lain yang bikin dispenser bocor adalah karena tutup cone (bagian atas dispenser) tidak terkunci sempurna. Selain itu, kaitan pengunci di bagian cone cover-nya patah. Jika tidak terkunci dengan sempurna, air dari galon akan merembes keluar.

foto: YouTube/addiengr1

Untuk mengatasi cone cover yang patah, pengguna YouTube addiengr1 ini memilih menggunakan paper clip dan lem. Caranya, cukup tekuk paper clip menggunakan tang hingga membentuk huruf L. Setelah itu, tempelkan ke bagian cone cover yang patah menggunakan lem.

foto: YouTube/addiengr1

Setelah itu, cone cover bisa langsung dipasang kembali. Kamu dapat meletakkan galon lagi di atas dispenser seperti biasa. Dengan begitu, air akan mengalir sempurna ke dispenser dan nggak bocor lagi.

Telah ditonton lebih dari 186 ribu kali, video milik pengguna YouTube addiengr1 ini sontak menarik perhatian warganet. Banyak pengguna YouTube lain yang kemudian memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar bahkan mengaku sangat terbantu dengan adanya video tersebut.

"Baru aj hr ini dispenser cosmos saya bocor , saya cek knp bingung akhirnya setelah lihat video ini salah satunya penutup galon dilubangi dg pisau . Sebelumnya saya pakai tutup tidak pernah mengalami bocor , saya ikutin saran teman cukup dg melubangi saja ternyata salah. Trims infonya sangat bermanfaat," sahut YouTube @mywidhie1.

"makasih bang ilmunya sangat bermanfaat dong," papar YouTube @lestarioktavianti3640.

"Maksi bang informasi y kbtulan despenser y jg sama," komentar akun YouTube @sitiafifah7296.

"terimah kasih ka pantesan dispenser di kos aku gitu pas di taru bcor truz stelah aku lihat eh ternyata sbelahnya itu patah lo," tulis akun YouTube @puputamelia4172.

"Terima kasih tutornya," kata YouTube @yeniadisuparman6092.