Brilio.net - Lap atau serbet nggak melulu dipakai untuk mengeringkan area dapur yang kotor, tapi juga menyeka tetesan minyak, saus, atau noda bahan makanan lain. Makanya lap dapur yang sudah berkali-kali digunakan akan berubah jadi kucel.

Lap dapur yang sudah kucel biasanya sulit dibersihkan jadi kinclong lagi, apalagi jika nodanya dibiarkan mengendap lama. Banyak orang mengakalinya dengan mencuci lap dapur pakai sitrun (citric acid). Bahan satu ini diketahui tinggi asam yang ampuh mengangkat noda.

Namun, kalau kamu nggak punya stok sitrun atau kesulitan mencarinya di pasaran, jangan khawatir dulu, ya. Salah seorang warganet di akun YouTube Rinni_Rin punya trik lain, nih. Usut punya usut, untuk mempraktikkan trik cuci lap ini, ia mengandalkan satu bahan dapur.

Cara cuci lap dapur kucel andalkan sabun cuci piring.

Yang pertama harus disiapkan yaitu wadah berisi air panas. Kemudian, masukkan sedikit cairan pembersih pakaian atau pemutih pakaian. Tak sampai situ saja, kamu juga harus menambahkan sabun cuci piring. Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur inti pada trik ini.

Setelah kedua bahan pembersih larut dalam air panas, langsung rendam lap dapur yang ingin dicuci ke dalamnya. Diamkan selama beberapa saat supaya nodanya tak membandel lagi.

"Rendam kurang lebih selama 1 jam," kata pemilik akun YouTube Rinni_Rin, dikutip BrilioFood pada Sabtu (8/6).

foto: YouTube/Rinni_Rin

Usai direndam, angkat dan kucek lap dapur tersebut supaya nodanya enyah. Kalau lap dapur sudah benar-benar bersih, baru bilas hingga tak ada lagi sisa sabun tertinggal.

foto: YouTube/Rinni_Rin

Gimana, meski tak pakai sitrun, trik cuci lap dapur kucel ini efektif banget bikin bersih seperti baru, kan? Kalau kamu, punya trik lain atau tertarik mencoba trik ini juga?