Brilio.net - Serbet dapur adalah salah satu peralatan rumah tangga yang paling sering digunakan. Dari mengelap tangan basah, mengeringkan peralatan masak, hingga membersihkan tumpahan di meja, serbet dapur selalu siap sedia dalam berbagai situasi. Kepraktisannya membuat serbet menjadi alat yang tidak tergantikan untuk menjaga kebersihan dan kerapian dapur.

Namun, di balik fungsinya yang serbaguna, serbet dapur juga menghadapi tantangan tersendiri, yakni mudah kotor dan penuh noda. Seiring waktu, serbet dapur yang sering digunakan akan rentan kotor dan menghitam. Sisa-sisa makanan, minyak, dan cairan lain yang terserap oleh serbet dapat menyebabkan noda yang sulit dihilangkan. Selain itu, kelembapan yang terus-menerus pada serbet juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur. Akibatnya, serbet yang seharusnya membantu menjaga kebersihan justru menjadi sumber kotoran dan bau tidak sedap.

Mengatasi masalah ini memerlukan perhatian dan perawatan khusus. Mencuci serbet dapur secara teratur dengan air panas dan deterjen kuat bisa membantu menghilangkan noda membandel dan membunuh bakteri. Selain itu, menjemur serbet di bawah sinar matahari langsung juga efektif untuk membunuh mikroorganisme yang menyebabkan bau.

Namun jika serbet sudah telanjur menghitam dan kotor, perlu teknik pencucian khusus. Jika bingung, kamu bisa menggunakan metode yang dilakukan pengguna Instagram @nurulkomariah3112. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Nah, bahan sederhana ini bisa membuat serbet bersih meski tidak disikat.

Dilansir BrilioFood dari Instagram @nurulkomariah3112 pada Jumat (4/10), bahan sederhana yang digunakan adalah sitrun. Selain itu, dia juga mengandalkan sabun cuci piring dan air panas. Sejumlah bahan-bahan ini bisa membantu melunturkan noda membandel di serbet.

foto: Instagram/@nurulkomariah3112

Siapkan ember terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan sitrun secukupnya. Jika sudah, tuang air panas dan masukkan serbet yang sudah menghitam dan dekil tadi.

foto: Instagram/@nurulkomariah3112

Selanjutnya, bolak-balik dan tekan-tekan serbet sampai terendam sempurna. Barulah kemudian tambahkan sabun cuci piring dan diamkan sebentar sampai airnya dingin. Nah, proses ini penting dilakukan untuk membuat noda dan bau tak sedap pada serbet jadi rontok.

foto: Instagram/@nurulkomariah3112

Jika sudah direndam, langsung angkat serbet. Pada dasarnya, serbet yang sudah direndam ini sudah bersih. Namun untuk hasil maksimal, kamu dapat menguceknya secara manual dengan tangan. Terakhir, bilas sampai bersih dan jemur di bawah sinar matahari.

Nah, serbet yang sudah dicuci bersih ini akan tampak benar-benar kinclong. Bahkan permukaannya juga lebih kesat karena noda minyaknya juga sudah luntur. Kondisi serbet yang seperti ini tentu akan lebih nyaman digunakan untuk membersihkan berbagai macam permukaan dapur.