Brilio.net - Rak piring sering dibiarkan dalam keadaan basah, lama-kelamaan akan muncul noda lumut dan kerak. Jika tak segera dibersihkan, noda-noda tersebut bisa semakin banyak dan sulit dibersihkan. Banyak orang harus mengerahkan tenaga membersihkan noda membandel pada rak piring dengan menyikatnya sampai bersih.

Padahal, kamu nggak perlu menyikatnya dengan kuat asalkan tahu trik dari pengguna akun TikTok @sweetestmangoavo, nih. Wanita ini menjelaskan, ia punya racikan bahan pembersih yang ampuh banget mengusir noda lumut dan kerak di rak piring. Usut punya usut, racikan tersebut dibuat dari tambahan satu bahan dapur.

foto: TikTok/@sweetestmangoavo

Jadi, siapkan dulu wadah atau botol untuk meracik bahan pembersih. Masukkan bubuk sitrun (citric acid) dan detergen secukupnya. Kemudian, tambahkan sabun cuci piring. Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur utama untuk mempraktikkan trik ini.

"Yuk cobain ini, cairan yang semua bahannya ada di rumah dan ramah tangan, tapi buat yang suka kasar tangannya kayak aku kalo pake sunlight wajib pake sarung tangan," tutur pemilik akun TikTok @sweetestmangoavo, dikutip BrilioFood pada Rabu (31/7).

foto: TikTok/@sweetestmangoavo

Setelah ketiga bahan masuk, baru larutkan dengan air secukupnya. Kocok atau aduk sampai semua bahan tercampur rata.

foto: TikTok/@sweetestmangoavo

Usai tercampur rata, langsung aplikasikan racikan pembersih tersebut ke permukaan rak piring, terutama yang ada nodanya. Setelah itu, kamu bisa menggosok rak piring dengan sikat gigi bekas atau sabut kawat.

Pemilik akun TikTok @sweetestmangoavo mengatakan, lantaran sudah diberi racikan pembersih, noda pada rak piringnya jadi mudah luntur saat digosok, lho.

Jika semua noda sudah luntur, saatnya membilas rak piring dengan air mengalir. Saat rak piring sudah benar-benar kinclong dan kesat, keringkan dulu, baru rak piring siap digunakan kembali.

Gimana, hasilnya jadi bersih kesat seperti baru, kan? Kalau kamu, tertarik mencoba trik ini atau punya trik lain?