Trik bersihkan kerak kloset agar kinclong tanpa racikan bahan apapun.

Dilansir BrilioFood dari YouTube Home Tricks pada Selasa (21/5), bumbu dapur yang dimaksud adalah garam. Lebih tepatnya, dia menggunakan garam dapur yang bertekstur butiran kasar. Bukan tanpa sebab, butiran garam yang kasar memiliki sifat abrasif yang sangat tinggi untuk membantu merontokkan kotoran membandel seperti kerak di kloset.

foto: YouTube/Home Tricks

Cara pakai garam dapur ini pun cukup mudah. Pertama-tama, bilas kloset dengan air mengalir. Setelah itu, langsung taburkan garam dapur secara merata ke seluruh permukaan kloset, khususnya yang berkerak. Lalu diamkan selama 30 menit.

Jika sudah didiamkan selama 30 menit, barulah kemudian gosok-gosok menggunakan sikat. Sebaiknya gunakan sikat khusus kloset agar setiap kerak di kloset bisa dengan mudah dijangkau. Supaya hasilnya lebih maksimal, terus gosok sampai kerak dan noda di kloset benar-benar hilang.

foto: YouTube/Home Tricks

Selanjutnya, bilas kloset sampai bersih dengan air mengalir. Sembari dibilas, kamu bisa menggosoknya lagi agar sisa kotoran yang masih menempel jadi luruh. Dengan begitu, kloset akan kembali kinclong dan bersih, sehingga nyaman digunakan.

Selain dibersihkan secara rutin, mencegah pembentukan kerak secara rutin adalah kunci untuk menjaga kenyamanan kamar mandi. Kamu bisa menggunakan filter air dan selalu menyiram kotoran dengan maksimal saat menggunakan kloset. Dengan perawatan yang tepat seperti itu, kloset bisa tetap bersih dan bebas kerak, sehingga lingkungan kamar mandi jadi lebih higienis.

foto: YouTube/Home Tricks

Video tentang trik bersihkan kerak kloset ini telah ditonton lebih dari 732 ribu kali. Nggak heran jika kemudian ada banyak pengguna YouTube lain yang turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar. Sebagian besar warganet ini mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"Thanks for the idea of using salt! I'll give it a try (terima kasih untuk idenya menggunakan garam! Aku akan mencobanya)," tutur YouTube @dogsareawomansbestfriend.

"Exactly perfect your cleaning trick (Sempurnakan trik pembersihan kamu)," papar YouTube @amintavakoli4140.

"I did that even before watching the video. It really cleans the toilet bowl effortlessly but for very old stains you need a very strong detergent (aku melakukan itu bahkan sebelum menonton videonya. Ini benar-benar membersihkan toilet dengan mudah tetapi untuk noda yang sangat lama kamu memerlukan deterjen yang sangat kuat)," tulis akun YouTube @bananabanana9210.

 

Manfaat dan cara menggunakan garam untuk kebersihan rumah.

Garam adalah bahan dapur yang serbaguna dan memiliki banyak manfaat untuk kebersihan rumah. Berikut adalah sembilan manfaat garam dan cara menggunakannya untuk menjaga rumah tetap bersih.

1. Membersihkan noda pada kain.

Manfaat: Garam dapat membantu menghilangkan noda membandel pada kain.

Cara menggunakan: Campurkan garam dengan air dingin untuk membuat pasta, lalu oleskan pada noda di kain. Diamkan selama beberapa menit sebelum mencuci seperti biasa.

2. Menghilangkan karat pada logam.

Manfaat: Garam efektif menghilangkan karat dari permukaan logam.

Cara menggunakan: Campurkan garam dengan air lemon, lalu gosokkan campuran tersebut pada area yang berkarat. Biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkan dengan kain lembap.

3. Membersihkan permukaan dapur.

Manfaat: Garam dapat membersihkan dan mendesinfeksi permukaan dapur.

Cara menggunakan: Taburkan garam pada permukaan dapur yang ingin dibersihkan, lalu gosok dengan spons yang telah dibasahi air. Bilas dengan air bersih.

4. Menyegarkan saluran air.

Manfaat: Garam dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dari saluran air.

Cara menggunakan: Tuangkan setengah cangkir garam ke dalam saluran air, lalu bilas dengan air panas. Ini akan membantu menghilangkan bau dan membersihkan saluran.

5. Membersihkan cermin dan kaca.

Manfaat: Garam dapat membantu membersihkan cermin dan kaca tanpa meninggalkan goresan.

Cara menggunakan: Campurkan garam dengan air hangat, celupkan kain lembut ke dalam larutan, dan lap cermin atau kaca. Keringkan dengan kain bersih.

6. Menghilangkan bau di sepatu.

Manfaat: Garam dapat menyerap kelembapan dan menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu.

Cara menggunakan: Taburkan garam ke dalam sepatu dan biarkan semalaman. Kocok garam keluar di pagi hari.

7. Membersihkan panci dan wajan yang terbakar.

Manfaat: Garam bisa membantu menghilangkan sisa makanan yang menempel pada panci dan wajan.

Cara menggunakan: Taburkan garam ke permukaan panci atau wajan yang terbakar, tambahkan sedikit air, dan biarkan selama beberapa menit. Gosok dengan spons kasar sebelum mencuci.

8. Membersihkan nat di lantai.

Manfaat: Garam dapat membantu membersihkan dan memutihkan nat lantai.

Cara menggunakan: Campurkan garam dengan cuka putih untuk membuat pasta, oleskan pada nat, dan gosok dengan sikat gigi bekas. Bilas dengan air bersih.

9. Menghilangkan noda talenan.

Manfaat: Garam dapat menghilangkan noda dan bau pada talenan kayu.

Cara menggunakan: Taburkan garam kasar ke permukaan talenan, gosok dengan setengah potong lemon, lalu bilas dengan air hangat dan keringkan.