Brilio.net - Keramik kamar mandi licin dan kotor adalah masalah umum yang sering dihadapi orang. Kondisi ini tidak hanya membuat kamar mandi terlihat kurang sedap dipandang, tetapi juga menimbulkan risiko keselamatan yang signifikan. Lantai keramik yang licin dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera, terutama jika ada air sabun atau minyak yang tertinggal di permukaannya. Selain itu, kerak dan noda yang menumpuk di keramik memberikan kesan kotor dan tidak higienis, yang dapat mengurangi kenyamanan dan keindahan kamar mandi.

Penyebab utama keramik kamar mandi menjadi licin maupun kotor adalah karena penumpukan sabun, sampo, dan minyak tubuh yang tidak sepenuhnya tersapu oleh air. Ketika bahan-bahan ini mengering, akan licin yang bisa sangat berbahaya. Selain itu, kelembapan tinggi di kamar mandi menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur dan lumut, sehingga tidak hanya membuat keramik tampak kotor tetapi juga menimbulkan bau tak sedap dan potensi masalah kesehatan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meniru trik yang ditunjukkan pengguna Instagram @rannie_cometea. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya mengandalkan bahan-bahan sederhana yang ada di dapur untuk membersihkan keramik kamar mandi. Dilansir BrilioFood dari Instagram @rannie_cometea pada Senin (23/9), bahan dapur yang dimaksud adalah cuka, baking soda, dan sabun cuci piring.

foto: Instagram/@rannie_cometea

Cara pakainya, cukup campur ketiga bahan tadi dalam ember kecil. Lalu larutkan dengan air panas, aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Barulah kemudian siramkan ke seluruh keramik kamar mandi yang licin.

foto: Instagram/@rannie_cometea

Setelah disiram, langsung gosok-gosok menggunakan sikat. Lakukan proses ini ke seluruh bagian keramik secara merata agar bersih kesat. Selain keramik, cairan ini juga bisa diaplikasikan ke bagian lain kamar mandi, seperti pintu yang berlumut.

foto: Instagram/@rannie_cometea

Nah, jika seluruh nodanya sudah luntur, langsung bilas menggunakan air mengalir. Sesaat setelah dibilas, keramik dan area kamar mandi lain akan lebih kinclong. Tak hanya itu, permukaan keramik juga lebih kesat, sehingga aman dan meminimalisir adanya cedera. Selain itu, kamar mandi juga jadi lebih wangi, lho.

Telah ditonton lebih dari 14 ribu kali, video tentang trik bersihkan kamar mandi ini sontak menuai atensi warganet sejak diunggah pada 14 September lalu. Siapa sangka, ada banyak pengguna Instagram lain yang kemudian memberikan tanggapan langsung di kolom komentar. Sebagian besar mengungkapkan terima kasih karena mendapat ilmu baru yang bermanfaat.

"makasih tips nya mb," papar Instagram @ichypricilyani.

"Makasih tipsnya mba," sahut Instagram @wijia9.

"Save dulu, besok prakteknya," kata Instagram @umi.za.ra.

"Wajib coba ini," tulis akun Instagram @tika.mulyawati.

"Perlu dicoba nih...makasih mbak say," komentar akun Instagram @rumahberkah_mikako.