Brilio.net - Kehadiran lalat di rumah menjadi perkara menyebalkan. Bagaimana tidak, lalat termasuk serangga pembawa bakteri yang sering hinggap di atas makanan. Nah, makanan yang dihinggapi lalat seringkali jadi terkontaminasi, sehingga tidak layak dikonsumsi. Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan memasang alat khusus untuk menangkap lalat.

Namun ada juga jebakan lalat yang terbuat dari lem dan dijual bebas di pasaran. Selain dengan membeli jebakan, kamu juga bisa membuat perangkap lalat sendiri yang lebih ekonomis dan praktis, lho.

Seorang wanita pengguna Instagram @diidii_winfleur pernah membagikan trik membuat jebakan lalat yang ampuh tanpa ribet. Bukan dengan lem, kertas, atau alat khusus lainnya, dia justru mengandalkan bahan-bahan yang ada di dapur. Nah, bahan dapur ini bisa ampuh membuat lalat terperangkap dan nggak masuk rumah lagi, lho.

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @diidii_winfleur pada Kamis (13/6), bahan dapur yang dimaksud adalah gula pasir dan cuka dapur. Nah, gula memiliki aroma manis yang dapat menarik lalat. Sedangkan cuka dapur bersifat asam yang dapat membuat lalat tidak bisa terbang dan justru mati.

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Namun agar kedua bahan tersebut bisa bekerja lebih maksimal, dia menggunakan bahan lain seperti air dan sabun cuci piring. Lebih jelasnya, siapkan mangkuk. Lalu masukkan 5 sdm gula pasir dan 3 sdm cuka.

Selanjutnya, tambahkan air dan sabun cuci piring secukupnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata dan berbusa. Setelah itu, jebakan lalat ini siap digunakan.

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Dalam video tersebut, pengguna Instagram @diidii_winfleur meletakkan jebakan lalat di depan pintu rumah. Hal ini bertujuan supaya lalat yang hendak masuk ke dalam rumah, justru tertarik dan masuk ke dalam jebakan tersebut. Benar saja, setelah didiamkan selama 3 jam, wadah berisi campuran bahan dapur tadi sudah dipenuhi lalat. Bahkan ada serangga lain yang masuk seperti belalang dan semut.

foto: Instagram/@diidii_winfleur

Seperti yang dijelaskan sebelumnya aroma manis dari gula dapat menarik perhatian lalat. Namun di sisi lain, cuka dan sabun cuci piring juga bisa membuat lalat terjebak. Kedua bahan ini bisa jadi perangkap efektif. Lalat tertarik oleh bau cuka, sehingga akan mendekat mendarat di permukaan cairan. Karena sabun cuci piring mengurangi tegangan permukaan, lalat tidak bisa lepas dan akhirnya tenggelam dalam cairan tersebut.

Sejak diunggah pada Senin (9/6) lalu, video tentang trik bikin jebakan lalat ini telah ditonton lebih dari 26 ribu kali. Siapa sangka, unggahan tersebut kemudian menuai atensi banyak warganet di Instagram. Beberapa di antaranya bahkan turut memberikan tanggapan secara langsung di kolom komentar.

"Lalat buah bs ga pake ini? Eh tp semut datang jg ya manis?" tanya akun Instagram @nanda_rully.

"bisa kak. Tinggal pancing pake potongan buah aja kak taroin didlmnya. Manis kak kan pake gula," jawab pengguna Instagram @diidii_winfleur.

"baik terimakasih," komentar akun Instagram @raniyulinuraeni.