Brilio.net - Meneguk minuman dingin di tengah cuaca terik memang selalu jadi pilihan tepat. Apalagi jika sedang haus, minuman dingin bisa langsung melegakan tenggorokan. Nggak heran jika kemudian minuman dingin diburu banyak orang, terutama di wilayah yang panas.

Untuk mendapatkan minuman dingin, biasanya perlu dimasukkan ke dalam kulkas. Atau bisa juga diberi tambahan es batu agar lebih cepat dingin. Namun cara kedua ini tentu akan mengubah rasa asli dari minuman tersebut.

Di sisi lain, mendinginkan minuman di kulkas butuh waktu lama bahkan hingga berjam-jam. Sekalipun dimasukkan ke dalam freezer, akan butuh waktu untuk mengubah suhunya. Padahal sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mendinginkan minuman dengan cepat, lho.

Seorang wanita bernama Siti Setyowati pernah membagikan trik mendinginkan minuman dengan cepat. Melalui salah satu video yang diunggah di Instagram pribadinya, Siti mengaku hendak mendinginkan minuman kemasan kaleng. Namun supaya lebih cepat dingin, dia pun mengandalkan satu alat.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Dilansir BrilioFood dari Instagram @siti_setyowati_ pada Rabu (10/7), alat yang dimaksud adalah tisu. Lebih jelasnya, dia menggunakan selembar tisu kering untuk mendinginkan minuman kaleng.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Nah, tisu dibasahi dengan air sampai benar-benar lepek. Selanjutnya, tisu tersebut akan dibalutkan ke minuman kaleng yang hendak didinginkan. Pastikan seluruh bagiannya tertutup tisu secara merata, ya. Jika sudah, masukkan minuman kaleng di freezer dan diamkan selama 5 menit saja.

"Kalau mau dingin banget, boleh 10 menit," kata Instagram @siti_setyowati_.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Nah, setelah didiamkan selama 5 menit ke freezer, wanita ini langsung mengeluarkan minuman kaleng tersebut. Dia lantas membuka tisu yang melapisi bagian luar. Minuman kaleng yang sudah dingin ini bisa langsung diminum.

Dalam video yang sama, Siti juga melakukan eksperimen minuman kaleng yang tidak dilapisi tisu. Walau sama-sama dimasukkan ke dalam freezer selama 5 menit, namun dia mengaku minuman kaleng yang dibalut tisu cenderung lebih dingin.

foto: Instagram/@siti_setyowati_

Pada dasarnya, penggunaan tisu ini akan mempercepat perubahan suhu di dalam minuman kaleng. Saat bagian luar kaleng dilapisi tisu basah, akan terjadi evaporasi (penguapan) tambahan. Melansir dari physicsforums.com, air yang menguap dalam tisu memerlukan suhu panas. Nah, panas ini diserap dari permukaan kaleng dan cairan di dalamnya. Ketika panas diambil dari kaleng, suhu dalam kaleng dan isinya akan turun. Proses tersebut akan membuatnya dingin lebih cepat.

Nah, selain menggunakan tisu basah, ada sejumlah trik lain yang juga bisa kamu gunakan. Misalnya memasukkan minuman dengan posisi miring di freezer atau kulkas. Selain itu, Kamu juga bisa merendam botol minuman dalam air garam. Air garam ini akan membantu menyerap energi panas dari kaleng minuman, sehingga proses pendinginan atau pembekuan terjadi lebih cepat.