Brilio.net - Air mineral kemasan sudah menjadi kebutuhan pokok sebagian orang. Kepraktisan dan kemudahan akses yang ditawarkan oleh air mineral kemasan menjadikannya pilihan utama bagi banyak orang. Air mineral kemasan menjadi solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan hidrasi dalam berbagai situasi, mulai dari perjalanan, aktivitas olahraga, hingga kegiatan sehari-hari di rumah atau kantor.

Selain praktis, air mineral kemasan juga mudah ditemukan di supermarket atau toko kelotong terdekat. Biasanya air mineral yang dijual di supermarket sangat beragam. Ada banyak merek yang dijual dengan ukuran dan desain label variatif. Perbedaan label ini bisa dilihat dengan mudah melalui warnanya yang beragam.

Tapi tahu nggak sih, perbedaan warna tutup botol air minum kemasan ini memiliki arti tersendiri, lho. Seorang konten kreator lulusan kimia pernah menjelaskan hal tersebut melalui akun Instagram @filipusadc.

"Nggak semua air minum itu sama. Beda warna tutupnya, beda juga artinya," ujar Filip, dikutip BrilioFood dari Instagram @filipusadc pada Kamis (25/7).

foto: Instagram/@filipusadc

Lebih lanjut, dia mengaku bahwa banyak air mineral kemasan didesain dengan tutup berwarna biru. Nah, air mineral dengan tutup warna biru ini menandakan bahwa air di dalamnya berasal dari sumber air bawah tanah. Air tersebut kemudian diproses melalui penyulingan agar layak dikonsumsi.

foto: Instagram/@filipusadc

Hal ini mirip dengan air mineral yang dikemas dengan tutup botol berwarna hijau. Air di dalamnya sama-sama berasal dari sumber air tanah. Namun bedanya, air mineral ini cenderung mengandung mineral yang tinggi.

Berbeda halnya dengan air minum kemasan yang memiliki tutup warna putih. Menurut Filip, air di dalam botol yang dikemas dengan tutup putih ini berasal dari air pipa. Nah, air pipa tersebut kemudian ditadah dan ditambahkan bahan kimia tertentu.

foto: Instagram/@filipusadc

Ada juga air minum yang dikemas dengan tutup botol berwarna ungu. Air di dalamnya biasanya berasal dari pegunungan. Berbeda dengan botol minum yang dikemas dengan tutup berwarna merah atau orange. Hal tersebut menandakan bahwa air di dalamnya mengandung rasa tertentu.

foto: Instagram/@filipusadc

Namun pada dasarnya tidak semua kemasan air dengan tutup botol ungu, merah, dan orange ini berasal dari air pegunungan atau memiliki rasa khusus, ya. Ada juga yang mengemas botol dengan tutup warna tersebut tanpa tujuan spesifik atau hanya sekadar branding produk saja.

Video milik pengguna Instagram @filipusadc ini sontak menuai perhatian warganet. Sejak diunggah pada Senin (22/7) kemarin, video ini sudah ditonton lebih dari 5 juta kali. Nggak heran jika kemudian unggahan tersebut mendapat banjir komentar dari warganet.

"Asli ini mengedukasi, thx infonya baru tau," sahut Instagram @un_arya.

"Info nya ngebantu banget baru tau saya," kata Instagram @4llf_phdz.

"Tutup Orange itu biasanya menggunakan sistem Reverse Osmosis atau melalui penyaringan dgn menggunakan membran filter 0,0001 micron, sehingga airnya sangat steril terbebas dari logam berat, virus, bakteri dan zat² lain yg berbahaya," papar Instagram @habibiequotes_.

"Wah, makasih infonya. Saya biasa konsumsi yang tutup biru & hijau," tulis akun Instagram @sgsantoso.

"Yg bagus utk kesehatan warna apa bro?" tanya akun Instagram @afridon_kaharap, yang kemudian dijawab oleh sang pengunggah video, "semua air minum baik, terpenting penuhi kebutuhan air minum kurang lebih 2l/ hari."