Brilio.net - Anak-anak seringkali aktif beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan. Nggak heran seragam sekolah biasanya jadi super kotor, apalagi di area kerahnya. Tak sedikit orang tua harus mengerahkan tenaga ekstra saat mencuci kerah seragam sekolah dekil supaya hasilnya kinclong lagi.

Agar proses mencuci lebih ringan, banyak orang memilih mencuci kerah seragam sekolah pakai pemutih pakaian. Namun, ada segelintir orang menghindari pemutih pakaian, karena dianggap cepat bikin serat-serat kain rusak. Di sisi lain, ada pula yang tak suka pakai pemutih lantaran baunya terlalu menyengat.

Nah, kalau kamu salah satu yang memilih nggak pakai pemutih, trik bersihkan kerah seragam sekolah dekil dari pengguna akun YouTube YAHMAN CN bisa kamu coba di rumah. Usut punya usut, trik ini simpel hanya pakai bahan-bahan pembersih yang salah satunya didapat dari dapur.

Cara bersihkan kerah seragam sekolah dekil pakai 1 bahan dapur.

foto: YouTube/YAHMAN CN

Awal mulanya, siapkan dulu ember atau baskom untuk mencuci seragam sekolah. Lalu, masukkan detergen pencuci baju apapun yang ada di rumah serta bubuk sitrun (citric acid).

Tak sampai situ saja, tambahkan pula sabun cuci piring agak banyak. Yup, sabun cuci piring inilah bahan dapur inti buat praktikkan trik bersihkan kerah seragam sekolah ini. Setelah itu, larutkan semua bahan dengan air bersih.

"Tambah air panas juga ya, jangan lupa," timpal pemilik akun YouTube YAHMAN CN, dikutip BrilioFood pada Senin (24/6).

Setelah racikan bahan pembersih siap, langsung masukkan seragam sekolah yang kerahnya dekil ke dalamnya. Rendam selama 30 menit atau 1 jam. Usai direndam, baru kucek kerah dan seluruh bagian seragam sekolah tersebut.

foto: YouTube/YAHMAN CN

Kemudian, bilas seragam sekolah hingga tak ada lagi sisa detergen, sitrun, ataupun sabun cuci piring menempel. Nah, kalau masih terdapat noda pada kerah seragam sekolah, kamu bisa lanjut membersihkannya dengan sabun batangan. Caranya cukup gosok-gosok kerah dengan sabun batangan, kemudian sikat hingga bersih.

foto: YouTube/YAHMAN CN

Jika kerah sudah benar-benar bersih, kamu bisa membilas dan merendamnya di air larutan pewangi sebentar saja. Terakhir, bilas, tiriskan, dan jemur seragam sekolah hingga kering.