Brilio.net - Onde-onde termasuk salah satu jajanan tradisional Indonesia yang sangat populer dan digemari oleh berbagai kalangan. Kue ini dikenal dengan bentuknya yang bulat dan permukaannya yang ditutupi oleh biji wijen, memberikan tekstur yang unik dan cita rasa yang khas. Di bagian dalam, onde-onde biasanya berisi pasta kacang hijau manis dan lembut.

Onde-onde sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. Kamu bisa membelinya dengan harga terjangkau. Selain membeli di pedagang, kamu juga dapat membuat onde-onde langsung di rumah. Namun pastikan kamu memerhatikan resep dan cara membuatnya dengan baik supaya tidak mendapat kejadian seperti pengguna TikTok @wulan.r1996.

Melalui salah satu video yang diunggah, wanita pernah Wulan ini memperlihatkan salah satu proses pembuatan onde-onde. Dalam unggahan berdurasi 9 detik tersebut, tampak sebuah wajan berisi minyak panas dan onde-onde yang sedang digoreng. Anehnya, ada butiran wijen yang mengambang di atas minyak dan pinggiran wajan.

foto: TikTok/@wulan.r1996

Dilansir BrilioFood dari TikTok @wulan.r1996 pada Jumat (9/8), Wulan mengaku hendak menggoreng onde-onde dalam minyak, namun wijen yang dibalur ke onde-onde justru terlepas. Hal ini sontak membuat butiran wijennya mengambang dan menempel di wajan. Melihat situasi tersebut, wanita ini pun kebingungan.

"ini apa yang salah ya, bikin onde mini kok wijennya lepas semua. botak kan jadinya," tulis Wulan.

foto: TikTok/@wulan.r1996

Menilik hal tersebut, banyak warganet yang kemudian memberikan penjelasan lebih lanjut. Beberapa pengguna TikTok ini menjelaskan bahwa wijen pada onde-onde akan lepas karena adonannya tidak diolesi air. Umumnya, onde-onde yang sudah dicetak perlu dicelupkan air terlebih dahulu. Hal itu akan membuat wijennya lebih menempel dan tak mudah lepas saat digoreng.

"wijennya dikasih air dikit kak sebelum adonannya dimasukkan wijen... jd nempel g copot pas digoreng," terang TikTok @zeny's.

foto: TikTok/@wulan.r1996

Selain itu, ada juga yang memberikan trik lain saat membuat onde-onde supaya biji wijennya tidak lepas. Jadi, alih-alih diolesi air, onde-onde bisa digoreng terlebih dahulu. Barulah kemudian dibaluri wijen yang sudah disangrai.

"yg bener onde" di goreng dulu lalu angkat taro di wadah lalu taburin tuh wijen selagi onde" msh panas," papar TikTok @kurniawankarna.

Telah ditonton lebih dari 3 juta kali, unggahan tentang aksi wanita goreng onde-onde ini sontak menuai atensi warganet. Banyak pengguna TikTok lain yang justru mengaku terhibur dengan konten tersebut. Di sisi lain, ada juga yang berbagi pengalaman saat membuat onde-onde.

"aq lagi nangis langsung ngakak seumur qu baru x ini lihat onde potak," ujar TikTok @seun.

"ngakak gara" botak ya allah ," kata TikTok @naura.

"gak PP lah,, ntar makannya dicocol2in aja ke wijennya," papar TikTok @bastaraalfattah.

"itu masih mending wijen nya yg lepas lah aku bikin onde onde kok bisa meledak ledak n terlempar semua keluar dr wajan nya," sahut TikTok @Ir.