Brilio.net - Beras jadi salah satu karbohidrat yang dipilih kebanyakan orang. Setelah ditanak, nasi cocok disajikan dengan berbagai lauk pendamping. Apalagi rasa nasi juga enak dan ada rasa sedikit manis saat dikonsumsi.

Karena dikonsumsi setiap hari, banyak orang sengaja menyimpan beras jadi stok. Bahkan ada yang menyimpan stok beras berkarung-karung, lho. Dengan begitu, beras bisa langsung diolah saat mau dikonsumsi sewaktu-waktu.

Satu karung ada yang berisi 50 kg beras. Zaman sekarang, karung beras juga terbuat dari plastik berbahan tebal sehingga tidak mudah sobek. Sementara di bagian ujungnya terdapat segel berupa jahitan. Kamu tinggal menarik jahitan di segel karung beras kalau mau membukanya. Setelah terbuka, beras tinggal diambil, dimasukkan ke dalam dispenser atau box beras.

Tapi kalau nggak punya alat atau wadah penyimpanan beras, setelah diambil seperlunya, tinggal ikat lagi bagian ujung karung beras dengan tali rapat. Sayangnya cara ini terbilang tidak efektif kalau kamu mengonsumsi beras tiap hari, ya. Terlebih, beras yang diambil berisiko tumpah dan terbuang percuma.

Sebagai solusinya, seorang pria pengguna Instagram @maximum_mannthan sempat menunjukkan cara mengeluarkan beras dari karung dengan cara yang lebih praktis. Uniknya lagi, dalam unggahan videonya, ia sama sekali tidak memindahkan beras ke dalam dispenser atau box.

Lantas bagaimana caranya?

Jadi, siapkan terlebih dahulu satu buah karung kosong dan satu kemasan botol minuman bekas. Beri lubang di bagian permukaan bawah karung tersebut. Pastikan ukuran lubang yang dibuat sama dengan ukuran mulut kemasan botol bekas, ya.

Di sisi lain, potong bagian mulut botol minuman bekas dengan cutter. Lalu masukkan potongan mulut botol bekas ini ke dalam lubang di karung tadi. Pastikan mulut botol masih tertutup rapat, ya. Kalau sudah, pindahkan beras ke dalam karung tersebut.

foto: Instagram/@maximum_manthan

Dilansir BrilioFood dari akun Instagram @maximum_manthan pada Senin (17/6), ikat ujung karung berisi beras ini dengan tali, dan taruh di permukaan datar dan tinggi seperti di meja dapur. Saat akan mengambil beras, tinggal taruh wadah di bagian bawah karung tersebut dan buka tutup botol minuman bekas. Beras pun langsung keluar tanpa ada yang tercecer.

foto: Instagram/@maximum_manthan

Saat sudah selesai mengambil beras yang dibutuhkan, tinggal tutup lagi botol minuman bekas.

foto: Instagram/@maximum_manthan

Gimana, caranya cukup praktis, kan?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Max-manthan (@maximum_manthan)