1. Direbus pakai garam dan jeruk nipis.

foto: YouTube/Maria Ulfah

Ada trik yang lebih ampuh dalam menghilangkan rasa pahit bunga pepaya. Trik ini pernah dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Maria Ulfah. Dalam salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan dua bahan tambahan saat merebus bunga pepaya.

Bahan tambahan tersebut adalah garam dan jeruk nipis. Menurut Maria Ulfah, bahan ini lebih ampuh menghilangkan getah dan rasa pahit bunga pepaya dibandingkan asam jawa atau daun jambu biji. Selain ampuh, garam dan jeruk nipis juga bisa didapat dengan mudah didapat di pasar atau warung kelontong.

Caranya, rebus dulu satu liter air sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan air perasan jeruk nipis bersama dengan kulitnya (setelah diperas). Dalam video tersebut, Maria Ulfah menggunakan satu butir jeruk nipis.

Setelah itu, masukkan satu sendok makan garam. Barulah kemudian masukkan bunga pepaya yang sudah dicuci bersih. Aduk-aduk dan rebus bunga pepaya selama 5 menit saja agar teksturnya tidak lembek.

Jika sudah direbus, angkat dan tiriskan bunga pepaya. Lalu petik bunga dari tangkainya. Setelah dipetik, cuci bunga pepaya di air mengalir (tanpa perlu diperas lagi). Nah, bunga pepaya yang sudah dicuci ini siap diolah untuk aneka masakan. Dijamin rasanya enak dan nggak pahit.

2. Direbus dengan asam Jawa.

foto: YouTube/Dapur Miss Kenes

Banyak cara yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya. Salah satu caranya yaitu dengan diremas-remas menggunakan garam. Namun seorang warganet di YouTube dengan akun Dapur Miss Kenes membagikan trik atau cara bagaimana menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya yang praktis dan antiribet.

"Nah, saya menggunakan asam jawa ini untuk menghilangkan rasa pahit yang ada di bunga pepaya," ujar YouTube Dapur Miss Kenes, dikutip BrilioFood.

Langkah pertama, siapkan bunga pepaya yang akan diolah. Kemudian siapkan juga asam jawa secukupnya sesuai dengan banyaknya daun pepaya yang akan dimasak.

Langkah kedua, petik bunga pepaya dari batangnya. Setelah itu cuci bunga pepaya yang sudah dipetik menggunakan air bersih mengalir. Cuci sebanyak dua kali, tiriskan.

Langkah ketiga, siapkan air dalam panci. Setelah itu masak air sampai mendidih, jika sudah mendidih masukkan asam jawa dalam panci. Tunggu sampai asam jawa larut, lanjut masukkan bunga pepaya ke dalam panci yang sudah diberi asam jawa.

Selanjutnya, masak bunga pepaya selama 2 menit, angkat dan tiriskan. Jika sudah, bunga pepaya bisa diolah menjadi berbagai hidangan favorit.

"Nah ini bunga pepaya yang sudah direbus menggunakan air asam jawa. Dijamin rasanya tidak pahit dan cocok untuk menu harian," ujar YouTube Dapur Miss Kenes.

3. Direbus dengan baking soda dan daun pepaya.

foto: TikTok/@fajarlele

Kamu bisa menggunakan bahan yang dipakai oleh pengguna TikTok @fajarlele saat merebus bunga pepaya. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu bahan sederhana, yaitu baking soda. Tapi sebelum diberi baking soda, siapkan dulu air yang akan dipakai untuk merebus bunga pepaya. Siapkan air dalam panci dan panaskan sampai mendidih.

Jika sudah, masukkan bunga pepaya yang sudah dibersihkan. Ia juga turut merebusnya bersama daun pepaya. Lalu taburkan 1/2 sdt baking soda ke air rebusan tersebut. Aduk-aduk sampai merata dan rebus bunga pepaya.

"Baking soda juga bisa mempertahankan warna sayur yang direbus," ujar TikTok @fajarlele.

Selain menghilangkan rasa pahit dan mempertahankan warnanya, penambahan baking soda juga bisa mempercepat perebusan, lho. Oleh sebab itu, cukup rebus selama beberapa menit saja agar tekstur bunga pepaya tidak terlalu lembek atau bahan hancur. Jika sudah, langsung angkat dan tiriskan.

Saat hasil bunga pepaya rebus ini dicicipi, Fajar mengaku rasanya sudah tidak pahit lagi. Hal ini membuktikan bahwa baking soda benar-benar ampuh menghilangkan enzim papain di dalam bunga pepaya. Nah, bunga pepaya yang sudah direbus ini siap diolah lagi dengan berbagai macam rempah dan bumbu.

4. Direbus dengan daun beluntas.

foto: TikTok/@dek_sarah

Banyak orang menghilangkan pahit bunga pepaya dengan merebusnya bersama garam ataupun asam jawa. Di samping itu, ada alternatif cara lain yang disebut-sebut lebih ampuh bikin bunga pepaya nggak pahit lagi, lho. Cara ini dibagikan warganet bernama Sarah lewat unggahan di TikTok pribadinya @dek_sarah.

Semula, siangi dulu bunga pepaya agar terpisah dari batangnya. Amati pula apabila ada bagian bunga pepaya yang rusak atau tak segar lagi, bagian-bagian tersebut bisa dibuang. Kemudian, cuci bunga pepaya sampai bersih di bawah air mengalir dan tiriskan.

Selanjutnya, rebus bunga pepaya. Nah, bahan yang ampuh untuk hilangkan pahit bunga pepaya, yaitu daun beluntas. Usut punya usut, daun ini merupakan tumbuhan semak liar yang sering ada baik di hutan, pekarangan rumah, atau daerah lainnya.

Usai dipetik dan dibersihkan, daun beluntas bisa langsung dimasukkan ke panci rebusan bunga pepaya dan ditunggu hingga bunga pepaya empuk. Selesai direbus, air rebusannya akan berubah jadi keruh yang artinya rasa pahit dari bunga pepaya sudah luntur.

"Buang airnya dan bunga pepaya siap dimasak," kata Sarah, dikutip BrilioFood.

5. Direbus dengan garam dan daun belimbing wuluh.

foto: YouTube/dapur asik

Biasanya, orang-orang menghilangkan pahit bunga pepaya pakai bantuan baking soda maupun asam jawa. Nah, tapi berbeda dengan warganet di akun YouTube dapur asik, wanita ini mengaku punya cara lain yang nggak kalah efektif untuk hilangkan rasa pahit pada bunga pepaya.

Semula, cuci bersih dulu bunga pepaya dan pisahkan dari batangnya. Setelah itu, bunga pepaya bisa direndam di dalam air selama beberapa menit supaya getahnya hilang. Sembari merendam bunga pepaya, siapkan panci berisi air dan panaskan di atas api kompor sedang.

Setelah air mendidih, baru masukkan bunga pepaya yang sudah ditiriskan dari air rendamannya. Tak perlu menunggu lama, langsung masukkan bahan penghilang pahit pada bunga pepaya, yaitu daun belimbing wuluh. Pemilik akun YouTube dapur asik menjelaskan, daun belimbing bisa langsung dimasukkan bersama batangnya tanpa disiangi.

"Dia akan menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya, ya. Karena tingkat keasaman pada daun belimbing ini tinggi," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube dapur asik.

Di samping itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit garam. Usai kedua bahan, daun belimbing dan garam dimasukkan ke rebusan bunga pepaya, aduk sebentar dan terus rebus selama beberapa menit. Tanda bunga pepaya sudah siap diangkat bisa dilihat dari daun belimbing yang semakin layu, warna bunga pepaya yang semakin cerah, dan teksturnya sudah cukup empuk.

Terakhir, tiriskan bunga pepaya dan pisahkan dari daun belimbing. Bunga pepaya pun siap dimasak jadi hidangan apa saja ataupun langsung disantap begitu saja sebagai lalapan.

6. Direbus dengan asam Jawa, daun jambu biji, dan perasan jeruk lemon.

foto: YouTube/Novi Nouf

Agar rasa pahit bunga pepaya hilang tak tersisa, kamu harus menambahkan beberapa bahan ke dalam air rebusan. Seperti apa yang dilakukan oleh warganet bernama Novi Nouf. Di salah satu unggahan channel YouTube pribadinya, Novi membagikan cara jitu menghilangkan rasa pahit bunga pepaya.

Pertama, petik terlebih dahulu bunga pepaya yang akan diolah. Sisihkan bagian batang induknya karena bagian ini bertekstur keras saat dimakan nantinya.

Setelah itu, cuci bersih bunga pepaya di bawah air mengalir. Jangan lupa sambil diaduk-aduk agar seluruh kotoran yang menempel ikut larut dengan air. Tiriskan.

Di samping itu, masukkan air secukupnya ke dalam panci. Taruh di atas kompor lalu masak sampai mendidih. Setelah mendidih, masukkan bunga pepaya ke dalam panci.

Lalu ia menambahkan beberapa bahan lainnya ke dalam air rebusan. Ada asam Jawa, beberapa lembar daun jambu biji, dan perasan jeruk lemon.

"Sertakan saja kulit lemonnya sekalian ke dalam air rebusan. Sama tambahin garam sedikit biar rasanya gurih dan mempertahankan warna hijaunya," ungkapnya lebih lanjut.

Jika sudah matang, matikan kompor lalu tiriskan bunga pepaya. Aliri lagi bunga pepaya pakai air biasa.

"Nah, ini kuncinya juga biar bunga pepaya hilang pahitnya. Tiriskan lalu bunga pepaya siap untuk diolah.

7. Direbus dengan asam kandis selama 10 menit.

foto: YouTube/Dapur Stephanie

Pengguna YouTube Dapur Stephanie menghilangkan rasa pahit bunga pepaya dengan asam kandis. Pertama, tuang dua liter air ke panci. Taruh panci di atas kompor dan masak sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan 50 gr asam kandis. Aduk-aduk agar asam kandis tercampur dengan air.

Di sisi lain, cuci bersih bunga pepaya yang akan diolah. Bilas bunga pepaya beberapa kali pakai air biasa agar seluruh kotoran hilang tak tersisa lalu tiriskan. Langsung masukkan bunga pepaya ke panci. Aduk-aduk dan pastikan seluruh permukaan bunga pepaya terendam seluruh air rebusan, ya.

"Tutup panci dan rebus selama 10 menit," ungkapnya lebih lanjut.

Matikan kompor dan tiriskan bunga pepaya jika sudah direbus selama 10 menit. Lalu bilas bunga pepaya pakai air biasa. Dengan begitu, bunga pepaya sudah siap untuk diolah jadi berbagai masakan.