3. Direndam lalu digosok pakai baking soda dan cairan pemutih.

foto: TikTok/@mizbom

Untuk membersihkannya, campurkan baking soda dan cairan pemutih pakaian. Takaran kedua bahan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, ya.

Setelah diaduk sampai merata, larutan pembersih pun siap dipakai. Langsung oleskan larutan pembersih ke seluruh bagian tungku kompor.

"Lalu diamkan selama 10-15 menit," ucap pemilik video trik membersihkan ini.

Gosok seluruh bagian tungku kompor pakai sikat kawat dan tambahan sabun cuci piring setelah didiamkan selama 15 menit. Karena sudah didiamkan dengan larutan pembersih, kerak di tungku kompor jadi mudah dibersihkan.

Terakhir, bilas tungku kompor dengan air bersih. Nggak ada lagi kerak gosong ataupun kotoran lain yang menempel di seluruh permukaannya. Hasilnya, tungku kompor tampak kinclong maksimal.

4. Dioles lalu digosok baking soda dan sabun cuci piring.

foto: YouTube/ALSI @ali Cesi

Bahan dapur yang digunakan adalah sabun cuci piring dan baking soda. Campurkan terlebih dahulu kedua bahan ini dengan takaran sesuai secukupnya di dalam mangkuk.

Setelah tercampur sempurna, taruh racikan pembersih ke atas permukaan tungku kompor. Ratakan pakai jari tangan, lalu diamkan selama 10 menit.

Gosok-gosok seluruh permukaan tungku kompor dengan sikat gigi bekas. Kemudian diamkan selama 10 menit.

Karena sudah didiamkan pakai racikan pembersih, karat dan kerak pun mudah untuk dihilangkan. Tanpa mengeluarkan tenaga ekstra, sekali gosok, tungku kompor tampak bersih seketika.

Karena penasaran ingin lihat hasilnya, ia langsung mengusap tisu kering di bagian kanan tungku kompor yang sudah digosok tadi. Hasilnya, karat dan kerak luntur tak tersisa, lho.

5. Direndam baking soda dan cuka baru digosok sabun cuci piring.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Bahan yang dibutuhkan tak lain adalah cuka dan baking soda. Di pasaran, biasanya masing-masing, baik cuka maupun baking soda dijual dengan harga Rp4.000.

Pertama, taburi dulu tungku kompor dengan baking soda hingga merata. Selanjutnya, tuang cuka ke atas tungku kompor secara merata. Nantinya, kedua bahan ini akan menimbulkan reaksi berbusa, itu artinya kedua bahan tersebut bersifat aktif untuk membersihkan noda. Kemudian diamkan selama beberapa saat.

Cara membersihkan tungku kompor seperti ini juga bisa dipraktikkan buat burner kompor, lho.

"Lebih lama (didiamkan) itu lebih bagus, karena kotorannya itu jadi lebih mudah terangkat," ujar pemilik video trik ini, Zulaikha.

Setelah didiamkan, rendam tungku kompor di dalam air panas sebentar saja. Kemudian, gosok menggunakan sikat gigi bekas ataupun sabut kawat. Zulaikha menjelaskan, jika noda kerak terletak di sudut yang sulit dijangkau dengan kedua alat pembersih, kamu bisa menggunakan bantuan obeng. 

Kalau masih ada noda kerak membandel, kamu bisa mengulangi proses yang sama dimulai dari merendam tungku di dalam air hangat. Kemudian, gosok kembali tungkunya hingga semua noda kerak luntur. Selagi menggosok, kamu juga bisa menambahkan baking soda dan cuka lagi biar nodanya semakin cepat hilang.

Terakhir, saat seluruh noda sudah hilang, bilas tungku dengan air bersih hingga tak ada lagi sisa cuka maupun baking soda. Lalu, keringkan tungku kompor dengan serbet atau lap bersih. Baru pasang kembali tungku ke atas kompor.

6. Direndam campuran sabun cuci piring, sabun colek, dan baking soda.

foto: TikTok/@fp.tutorial8

Pertama, siapkan dulu wadah berukuran cukup besar untuk merendam tungku kompor nantinya. Selanjutnya, isi wadah tersebut dengan air bersih hingga hampir penuh. Lalu, masukkan sabun cuci piring dan sabun colek secukupnya ke dalam air tersebut. Nah, tambahkan pula beberapa sendok baking soda.

Yup, baking soda inilah yang jadi bahan dapur untuk membantu proses membersihkan kerak di tungku kompor jadi lebih mudah. Dilansir dari homesandgardens.com, baking soda memiliki kandungan alkali yang bikin noda kerak atau lemak membandel jadi mudah larut dengan air.

Setelah baking soda masuk, baru aduk semua bahan pembersih hingga tercampur rata. Jika sudah, langsung rendam tungku kompor berkerak di dalamnya dan diamkan selama beberapa menit supaya nodanya tak lagi menempel kuat pada tungku. Lalu rendam 30 menit.

Kalau sudah didiamkan 30 menit, tungku kompor bisa digosok menggunakan sikat gigi bekas, sabut kawat, ataupun spons kasar untuk menghilangkan sisa noda yang masih menempel. Saat seluruh noda keraknya hilang, bilas tungku kompor, keringkan, dan siap digunakan kembali.

7. Direndam air panas, baking soda, dan sabun cuci piring.

foto: YouTube/Umi Naifa channel

Untuk membersihkannya, langsung lepaskan tungku dari badan kompor. Tungku kompor lalu ditaruh di dalam baskom berukuran besar. Setelah itu, langsung taburkan dua bahan dapur, yakni baking soda dan sabun cuci piring ke seluruh permukaan tungku kompor.

Selanjutnya, siram tungku kompor dengan air mendidih. Yup, tuang air mendidih sampai merendam seluruh bagian tungku kompor. Diamkan beberapa saat sampai kerak di tungku kompor terkelupas dengan sendirinya.

Setelah direndam beberapa saat, tampilan air rendaman pun tampak berubah. Awalnya bening, jadi berubah keruh. Tiriskan tungku kompor lalu gosok permukaannya pakai spons kawat.

Karena sudah direndam dengan larutan pembersih dan air panas tadi, kerak di tungku kompor jadi gampang dibersihkan. Tanpa mengeluarkan tenaga ekstra, permukaan tungku kompor tampak bersih kembali.

Terakhir, bilas tungku kompor dengan air mengalir. Sambil digosok-gosok pakai tangan untuk memastikan tidak ada sisa kerak ataupun larutan pembersih yang masih menempel di permukaan tungku kompor. Hasilnya, tungku kompor bersih maksimal.

8. Direndam sitrun selama semalaman.

foto: TikTok/@wulan0032

DilansirBrilioFooddari TikTok @wulan0032, bahan pembersih yang digunakan adalah sitrun. Cara pakainya, cukup siapkan wadah atau baskom berisi air (suhu ruang). Lalu masukkan 1 sachet sitrun ke dalamnya. Aduk-aduk sampai sitrunnya larut.

Jika sudah, masukkan tungku kompor ke dalam baskom. Pastikan tungku kompornya terendam sempurna, ya. Setelah itu, diamkan dan rendam tungku kompor selama semalaman. Hal ini akan membuat kerak pada tungku kompor jadi lunak dan mudah dibersihkan.

Setelah direndam, karat dan keraknya sudah mulai rontok perlahan. Untuk hasil maksimal, gosok tungku kompor dengan spons yang sudah diberi sabun cuci piring. Karena karat dan keraknya sudah lunak, maka proses penggosokan akan lebih mudah.

Jika karat dan keraknya sudah bersih, langsung bilas tungku kompor. Nah, tungku kompor yang sudah dibilas ini mulai tampak lebih bersih dan kinclong, lho. Kamu bisa mengeringkannya terlebih dahulu sebelum tungku kompor dipasang dan siap digunakan kembali.

9. Didiamkan dengan campuran cuka dan baking soda selama 30 menit.

foto: TikTok/@tri_suwarti03

Bahan dapur yang dimaksud adalah soda kue dan cuka masak. Cara pakai kedua bahan ini pun cukup praktis. Pertama-tama, taburkan soda kue ke tungku kompor secara merata. Setelah itu, tuang cuka masak ke seluruh permukaan tungku kompor sampai benar-benar basah. Jika sudah, cukup diamkan selama 30 menit agar kedua bahan ini bereaksi dan melunakkan kerak di tungku kompor.

Jika sudah didiamkan, tungku kompor ini akan lebih mudah dibersihkan karena kerak dan lemak yang sudah melunak. Selanjutnya, gosok-gosok menggunakan sikat gigi bekas. Penggunaan sikat gigi bekas ini bisa membantu menjangkau kerak dan lemak yang berada di semua sisi, termasuk sela-sela kecil tungku kompor.

Lakukan proses penggosokan ini hingga kerak dan lemak sepenuhnya terangkat. Jika sekiranya ada kerak yang masih membandel, gosok dengan sabun kawat sampai bersih. Jika kerak sudah bersih, bilas tungku kompor di bawah air mengalir. Barulah kemudian bersihkan seperti biasa dengan sabun cuci piring.

Nah, tungku kompor yang sudah dibersihkan ini jadi tampak lebih kinclong. Keraknya pun tampak benar-benar hilang. Bahkan tampilan tungku kompor juga jadi lebih kesat karena noda lemaknya sudah luntur. Hal ini menandakan bahwa soda kue dan cuka masak saja bisa ampuh mengangkat kerak dan lemak di tungku kompor.

10. Digosok pakai campuran jeruk nipis, baking soda, dan sabun cuci piring.

foto: YouTube/Rudi Albughury

Manfaatkan tiga bahan dapur, yakni baking soda, air jeruk nipis, dan sabun cuci piring. Nah, sedangkan untuk alat yang digunakan,ada sikat gigi bekas, lap dapur, dan koran bekas. Koran ini digunakan untuk mengangkat kerak-kerak kering di permukaan kompor.

Cara pakainya, cukup ambil selembar koran. Lalu remas secukupnya saja. Jika sudah, gosok-gosok noda kerak di permukaan tungku kompor menggunakan koran tadi. Permukaan koran yang kasar akan membuat kerak kering di tungku kompor jadi luruh saat digosok. Lakukan proses ini sampai dirasa keraknya sudah banyak berkurang.

Selanjutnya, racik bahan pembersihnya. Dalam mangkuk, masukkan 2 sdm baking soda, 2 sdm sabun cuci piring, dan air perasan jeruk nipis. Nah, aduk-aduk semua bahan ini hingga rata.

Tahap selanjutnya, oleskan cairan tadi ke permukaan tungku kompor yang berkerak. Sembari dioles, gosok-gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Lakukan proses menggosok ini sampai keraknya benar-benar hilang dan bersih.

Setelah dibersihkan, rendam tungku dalam air bersih. Atau kamu juga bisa langsung membilasnya begitu saja di bawah air mengalir. Jika sudah, lap tungku kompor menggunakan kain kering. Dengan begitu, tungku kompor akan tampak semakin bersih dan kinclong seperti baru lagi.