11. Direndam larutan cuka dan sabun cuci piring selama 3-4 jam.

foto: YouTube/SAHABAT GAS

Pertama, siapkan mangkuk besar berisi air bersih secukupnya. Kemudian, masukkan dua bahan dapur yang jadi bahan inti untuk membersihkantungku kompor, yaitu sabun cuci piring dan cuka. Gunakan takaran 3 sdm untuk masing-masing bahan tersebut. Lalu, aduk dan masukkan tungku kompor ke dalamnya hingga terendam sempurna.

"Rendam tatakan kompor selama kurang lebih 3 atau 4 jam," tulis pemilik trik ini seperti dikutip dari akun YouTube SAHABAT GAS.

Kalau noda di tungku kompor masih sedikit atau tak terlalu tebal, proses merendamnya bisa dikurangi selama 2 jam saja. Berbeda jika noda keraknya sangat tebal, sebaiknya waktu perendaman lebih lama.

Usai direndam, gosok tungku kompor menggunakan spons atau kain hingga semua noda luntur. Saat semua noda sudah luruh, langsung bilas, keringkan, dan pasang kembali tungku ke atas kompor.

12. Ditabur baking soda dan cuka lalu didiamkan selama semalaman.

foto: YouTube/Zulaikha pratiwy

Taburkan dulu baking soda ke seluruh permukaan tungku kompor hingga merata. Lalu, tuangkan cuka secukupnya ke seluruh permukaan tungku kompor. Nantinya, kedua bahan ini akan menghasilkan reaksi kimia berupa busa.

Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 2 jam atau 1 malam penuh. Usai didiamkan, baru sikat tungku kompor menggunakan sikat gigi bekas.

"Selain sikat gigi bekas, bisa juga menggunakan kawat yang biasa untuk wajan, pisau tapi yang tumpul aja, atau sendok," imbuh Zulaikha, pemilik trik ini sebagaimana dikutip BrilioFooddari YouTube Zulaikha pratiwy.

Usai disikat hingga seluruh noda keraknya luntur, langsung bilas tungku kompor dengan air bersih. Kemudian, keringkan dan tungku kompor siap dipasang kembali ke atas kompor.

13. Digosok baking soda, sabun cuci piring, air lemon, dan pasta gigi.

foto: Instagram/@karinastore1

Cukup andalkan bahan sederhana yang ada di dapur, yakni air lemon, baking powder, dan sabun cuci piring. Nah, agar daya angkat kotorannya bisa lebih maksimal, tambahkan sedikit pasta gigi.

Untuk proses penggunaannya lebih lanjut, cukup siapkan mangkuk kecil. Lalu masukkan semua bahan tadi ke dalam mangkuk. Tanpa diberi air, langsung aduk-aduk menggunakan sikat gigi bekas sampai semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya, langsung oleskan bahan tadi ke tungku kompor yang berkerak. Kamu bisa menggunakan bantuan sikat gigi tadi untuk mengoleskan bahan pembersih. Lalu lakukan hingga merata ke seluruh bagian tungku kompor.

Jika sudah, cukup diamkan selama 30 menit saja agar bahannya semakin meresap ke dalam kerak dan lemak. Setelah didiamkan, langsung bilas tungku kompor. Sembari dibilas, lap dan gosok perlahan tungku kompor. Dalam sekali usap, kotoran pada tungku kompor ini bisa langsung luruh, lho. Dengan begitu, tungku kompor bisa kembali kinclong tanpa digosok dengan tenaga ekstra.

Setelah dibilas sampai bersih, jangan lupa keringkan tungku kompor ini. Barulah kemudian tungkunya bisa langsung dipasang kembali ke bodi kompor. Tungku yang kinclong juga akan membuat tampilan kompor jadi lebih bersih menyeluruh.

14. Didiamkan dengan larutan baking soda dan cuka selama 15 menit.

foto: YouTube/Etha Chan official

Ada dua bahan dapur yang ampuh banget bekerja untuk mengangkat noda di tungku kompor, yaitu baking soda dan cuka. Semula, taburkan dulu baking soda secukupnya ke seluruh permukaan tungku kompor. Setelah itu, baru tuangkan cuka. Nantinya, baking soda dan cuka akan bereaksi dengan memunculkan busa, yang artinya kedua bahan tersebut bisa aktif untuk mengangkat noda.

Usai mengaplikasikan baking soda dan cuka, diamkan selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. Nah, sembari menunggu, bersihkan bodi kompor dan meja dapur. Caranya, cukup siapkan serbet atau kanebo yang sudah dibasahi air, kemudian seka ke seluruh area bodi kompor dan meja dapur.

"Kalau (noda) yang agak bandel, bisa digosok pakai sabut kawat," imbuh pemilik akun YouTube Etha Chan official yang memiliki cara ini.

Kemudian, lanjut membersihkan tungku kompor yang sudah didiamkan. Sebelum digosok, tuangkan satu bahan dapur lagi pada tungku kompor, yaitu sabun cuci piring. Setelah itu, gosok tungku kompor dengan bantuan sabut kawat hingga semua nodanya luntur.

Kalau tungku kompor sudah bersih, terakhir bilas tungku dengan air mengalir dan keringkan sebelum dipasang kembali ke atas kompor.

15. Digosok pakai sabun cuci piring, baking powder, dan cuka makan.

foto: Instagram/@ranitiaraa

Bahan-bahan dapur yang dipakai adalah baking soda, sabun cuci piring, dan cuka makan. Setelah itu, langsung tuangkan tiga bahan tersebut secara merata ke seluruh permukaan tungku kompor. Tanpa perlu menunggu beberapa saat, tungku kompor langsung digosok pakai spons kawat.

Setelah itu, tungku kompor langsung dibilas pakai air mengalir. Sambil digosok-gosok perlahan untuk memastikan tak ada kerak ataupun larutan pembersih yang masih menempel di permukaannya.