Brilio.net - Jemaah haji 2024 berangsur-angsur diberangkatkan ke Tanah Suci bahkan beberapa sudah sampai di Kota Makkah. Di sela-sela waktu beribadah, beberapa jemaah menyempatkan diri mengulas makanan yang diberikan Kementerian Agama (Kemenag RI) saat haji.

Bukan tanpa alasan, katering jemaah haji kerap menyita perhatian, karena sempat dinilai kurang layak. Tapi kontras dengan tahun-tahun sebelumnya, ternyata banyak respons positif yang muncul di musim haji 2024 kali ini.

“MasyaAllah banyak yang tanya katanya lauk haji cuma tempe aja atau terlalu sederhana, kita dapat lauk tempe baru dua kali dan itu sangat kami nantikan. Untuk lauk tidak pernah tempe saja, selalu ada pendamping seperti di video ini," tulis akun TikTok @pecandumicin.

Usut punya usut, Kemenag RI memang telah mempersiapkan katering untuk para jemaah haji dengan maksimal. Dikutip dari hajikemenag.go.id, Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda mengatakan, selama di Tanah Suci, jemaah mendapatkan makan sebanyak tiga kali sehari, yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam. Jadi kalau dijumlahkan, setiap orang mendampatkan makan kurang lebih sebanyak 111 kali selama di Madinah dan Makkah.

“Secara keseluruhan, selama di Madinah jemaah mendapat makan 27 kali maksimal dan di Makkah sebanyak 84 kali,” kata Widi saat menyampaikan keterangan resmi Kemenag, di Jakarta, Rabu (22/05/2024).

Pihak Kemenag pun mengajurkan para jemaah haji 2024 untuk mengonsumsi makanan sebelum melewati batas waktu yang tertera di kemasan makanan. Untuk makanan pagi pada pukul 09.00, makan siang pukul 16.00, dan makan malam pukul 21.00.

Menu makanan yang diberikan pun cukup bervariasi. Karena kebanyakan lauknya bercita rasa khas Nusantara, Kemenag sengaja mendatangkan langsung 70 ton bumbu dari total kebutuhan lebih dari 200 ton bumbu. Ada 8 jenis bumbu yang didatangkan dari Indonesia, yaitu rendang, gulai, nasi kuning, nasi uduk, semur, bumbu dasar merah, dan bumbu dasar kuning.

“Bahkan juru masaknya juga berasal dari Indonesia,” tambahnya.

Penasaran seperti apa penampakan menu untuk para jemaah haji 2024? Simak ulasannya, BrilioFood lansir dari akun TikTok @e.kopurwanto dan @pecandumicin_ pada Minggu (16/6).

1. Ikan tuna digoreng kering disajikan dengan dan tumis wortel sebagai pelengkapnya.

foto: TikTok/@e.kopurwanto

2. Nasi uduk tampak disajikan dengan lauk semur daging sapi dan tumis jamur tiram. Khas masakan rumahan pas di Tanah Air, kan?

foto: TikTok/@e.kopurwanto

3. Nggak ketinggalan ada terong balado dan telur orak-arik. Buat pecinta pedas, sajian ini jadi menu favorit.

foto TikTok/@e.kopurwanto

4. Untuk menu makan malam, tampak ada ikan teri kacang dan ikan goreng tepung saus asam manis.

foto: TikTok/@pecandumicin_

5. Nggak melulu nasi putih, karena ada menu nasi kuning, telur orak-arik, dan terong balado sebagai menu sarapannya.

foto: TikTok/@pecandumicin_

6. Ada juga nasi putih dengan lauk ayam kuah kari. Saat disajikan tampak ada potongan wortel dan kentang di dalamnya.

foto: TikTok/@pecandumicin_

7. Salah satu menu makan siangnya ada ikan goreng dan orak-arik tempe cabai merah. Nggak lupa dilengkapi satu buah pisang sebagai makanan penutupnya.

foto: TikTok/@pecandumicin_

8. Nasi putih disajikan dengan ikan goreng tepung dan tumis wortel jagung sebagai menu makan malam.

foto: TikTok/@pecandumicin_

9. Salah satu menu makan malam yaitu kentang balado dan ayam kecap. Ada tambahan satu bua jeruk sebagai makanan penutupnya.

foto: TikTok/@pecandumicin_

10. Nasi uduk disajikan dengan ayam teriyaki dan tumis jamur kancing sebagai menu sarapan.

foto: TikTok/@pecandumicin_

11. Bahkan ada menu daging unta bumbu kecap dan tumis jamur enoki sebagai menu makan malam jemaah haji 2024. Menggiurkan, kan?

foto: TikTok/@pecandumicin_